Tuesday, 1 April 2014

Tutorial Dasar Unity Bag 1 - Belajar Behaviour Component Unity 3D

Tutorial Dasar Unity Bag 1 - Belajar Behaviour Component Unity 3D
Materi :
- Behaviour Component
- Merubah warna
- Box Collider dasar
- Rigidbody dasar
- Komentar


Gambar project awal
Buat 2 buah Cube :
  1. Cube =
  • Posisi : (0, 0, 0)
  • Scale : (10, 0.2, 10)
  • Nama : lantai
  • Komponen : BoxCollider
  1. Cube =
  • Posisi : (0, 5, 0)
  • Scale : (0, 0, 0)
  • Nama : kotak
  • Komponen : Box Collider & Rigidbody
using UnityEngine;
using System.Collections;


public class ColorScript : MonoBehaviour
{
void Update (){
// kita tuliskan kode disini
}
}
Lalu kita coba memasukkan script didalam method Update(), seperti berikut ini:

void Update (){
// kita tuliskan kode disini
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.R))
{
// maka gameObjek akan dirender dengan material color(warna), warna yang dimaksud adalah merah
gameObject.renderer.material.color = Color.red;
}
}

Coba jalankan dan lihat apakah sama dengan gambar berikut ini?
Setelah itu kita coba tambahkan warna-warna yang lainya sebanyak yang kita mau. Contoh sebagai berikut ini.
void Update ()
{
// menerima inputan dari keyboard dengan pres R
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.R))
{
// maka gameObjek akan dirender dengan material color(warna), warna yang dimaksud adalah merah
gameObject.renderer.material.color = Color.red;
}
// menerima inputan dari keyboard dengan pres R
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.G))
{
// maka gameObjek akan dirender dengan material color(warna), warna yang dimaksud adalah hijau
gameObject.renderer.material.color = Color.green;
}
// menerima inputan dari keyboard dengan pres R
if(Input.GetKeyDown(KeyCode.B))
{
// maka gameObjek akan dirender dengan material color(warna), warna yang dimaksud adalah biru
gameObject.renderer.material.color = Color.blue;
}
}
Lalu coba jalankan dan press inputan dari keyboard
Keterangan :
  • Box Collider berfungsi untuk membuat suatu objek menjadi solid,sehingga mempunyai komponen yang bisa menerima collision (benturan dengan benda lainya)
  • Rigidbody berfungsi untuk mmebuat suatu objek memiliki body, dalam hal ini seperti manusia yang mempunyai berat sehingga memiliki gaya grafitasi
  • Komentar dalam C# ditandai dengan // (dobel slash) dimana komentar tidak akan dibaca pada saat kompilasi. Biasanya komentar digunakan sebagai dokumantasi atau keterangan dalam script.

Setiap bahasa memilki komentar masing-masing.
Contohnya dalam JAVA komentar satu baris dengan menggunakan // dan untuk beberapa baris komentar dengan menggunakan  “/*” (tanpa tanda petik), lalu tuliskan isi komentar dan ditutup dengan */.

// ini komentar satu baris dalam JAVA
/*
ini komentar baris pertama
ini baris kedua
ini baris ketiga
*/

Contoh lainya adalah  “--” (tanpa petik) untuk satu baris komentar dalam bahasa LUA dan ntuk beberapa baris menggunakan –[[ dan ditutup dengan ]]--

-- Ini komntar satu baris dalam LUA
/--[[
ini komentar baris pertama
ini baris kedua
ini baris ketiga
]]--


Begitulah tutorial warna kali ini.
Semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment